Berita Terkini

Genjot produksi Jagung di Sul-Sel

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura mengharapkan kepada para petani di lapangan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur untuk ditanami Jagung. Lahan kering atau lahan pertanian bukan di Sulawesi Selatan cukup luas yaitu sekitar 83,041 hektar.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan, terebesar berada di Kabupaten Bone. Untuk memanfaatkan lahan tersebut di arahkan untuk pertanaman jagung, untuk mendukung tercapainya swasembada Jagung yang di targetkan Kementerian Pertanian.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dn Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan memanfaatkan lahan 161 ribu hektar untuk di tanami Jagung melalui bantuan dari pemerintah pusat (Kementerian Pertanian). Bantuannya berupa benih sebanyak 15 kg per hektar dan untuk keperluan pupuk sebesar Rp 90.000 per hektar. Dengan demikian untuk Sulawesi Selatan ada bantuan benih sebesar 2,4 juta ton dan Rp 14,4 Milyar jatah bantuan pupuk.

Menurut Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sul-Sel, total produksi Jagung tahun lalu hingga Desember 2016 mencapai angka 2,066 juta ton dengan luas areal lahan panen 366 ribu hektar.

Untuk Tahun ini ditargetkan produksi Jagung di angka 2,168 juta ton. Karena itu, untuk meningkatkan produksi Jagung dengan menyasar areal seluas 161 ribu hektar untuk memperoleh bantuan. Penanganannya terbagi dua yaitu 107.665 hektar berada di lahan pangan yang disiapkan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sul-Sel dan 53,835 hektar adalah lahan perkebunan yang di siapkan oleh Dinas Perkebunan Prov. Sul-Sel

Related Articles

Back to top button