ArtikelBerita TerkiniDiseminasi teknologi PertanianGaleri FotoGaleri KegiatanGaleri Video

KOSTRATANI

Komando Strategis Pembangunan Pertanian Di Kecamatan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL)(8/11).

Dalam sambutannya singkatnya, Menteri Pertanian menyatakan bahwa pembanguan pertanian harus bisa membuat petani maju, mandiri dan modern. “Semua itu akan dibangun melalui Kostra Tani yang berpusat di kecamatan” pungkas SYL.

Kostra Tani merupakan salah satu program jangka pendek (100 hari kerja) Menteri Pertanian, selain menyamakan data (single data), menjamin ketersediaan pangan 3 bulan ke depan, perbaikan konsep asuransi dan inisiasi bank pertanian serta penguatan manajemen pembanguan pertanian, jelas Sekjen Kementan, Dr. Ir. Momon Rusmono, MS. mengawali sambutannya. Ditambahkan Momon bahwa nanti akan dibangun pusat data pertanian (Agriculture War Room) yang mengendalikan data dan terhubung dengan semua institusi sampai ke kecamatan. Jadi seluruh institusi lingkup Kementan harus mempunyai pusat data yang link dengan AWR.

Selanjutnya  Kepala BPSDMP,  Prof. Dr. Dedi Nursyamsi, M. Agr. Yang mensosialisasikan konsep Kostra Tani menjelaskan bahwa Kostra Tani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran BPP dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Kostra Tani berperan sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat pengembangan jejaring kemitraan. “Tidak hanya penyuluh tetapi akan tergabung 16 tenaga fungsional lingkup Kementan yang ada di kecamatan, ditambah dengan tenaga IT, Babinsa dan Babinkamtibmas yang akan menyatu dalam Kostra Tani untuk memajukan pertanian. Pada tahun 2019, Kostra Tani akan dimulai pada 400 lokasi/kecamatan di 13 provinsi” jelas Dedi.

Selain itu, untuk meningkatkan minat generasi muda pada sektor pertanian, Kementan juga meluncurkan program Pertanian Masuk Sekolah (PMS) yang disampaikan oleh Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Dr. Andriko Noto Susanto, SP., MP.

Sosialisasi dihadiri oleh eselon I Kementan, Kepala BBP2TP, Kepala BPTP se Indonesia dan Kepala Dinas Pertanian se Indonesia serta undangan lainnya.( RR).

Sumber : – http://sumbar.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita-mainmenu-26/13-info-aktual/1669-kostra-tani-     program-100-hari-menteri-pertanian-syl.

– https://www.youtube.com/watch?v=YNJhNuXgyjg

.: BPP Kec. Lalabata :.

Related Articles

Back to top button