ArtikelBerita Terkini

Prof. Dedi Nursyamsi : Ayo SDM Pertanian Terus Update, Update dan Upgrade

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Prof Dedi Nursyamsi menegaskan seluruh pihak SDM Pertanian untuk terus update, update dan upgrade kemampuan | Sumber Foto:HUMAS BPPSDMP.

TABLOIDSINARTANI.COM, Gowa — Sumberdaya Manusia (SDM) Pertanian terus ditekankan sebagai landasan agar pembangunan pertanian kian melesat. Utamanya, SDM Pertanian yang handal, mandiri, professional dan Berjiwa Entrepreneurship Tinggi. 

“Karena itu terus update, update dan upgrade. Dengan mengupadate ilmu, mengupdate pengalaman, mengupgrade kapasitas sehingga kita bisa menjadi manusia yang handal professional menuju swasembada menuju  kemandirian pangan menuju kedaulatan pangan hingga menjadi lumbung pangan dunia,” tegas Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Prof Dedi Nursyamsi didepan ratusan widyaiswara, instruktur, pelatih, aparatur Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batang Kaluku, Sulawesi Selatan, Jumat (16/8).

Hal tersebut penting karena untuk membentuk insan pertanian yang handal diperlukan widyaiswara, pengajar, instruktur dan aparatur yang handal dan professional dengan visi jauh kedepan. “Didepan saya anda semua adalah manusia-manusia yang utama dalam pembangunan pertanian. Kunci berikutnya kita harus tingkatkan kapasitas kita sendiri dulu sebelum mengajar ke orang lain,” tuturnya.

Prof Dedi sendiri melihat kelengkapan BBPP Batang Kaluku yang sudah memenuhi standar sebagai Balai Besar Pelatihan.  “Jadi tidak ada alasan. Update kapasitas kita. Gunakan internet of things. Gunakan berbagai aplikasi yang ada,” tukas Prof.Dedi.

Sekali lagi Prof Dedi mengingatkan pentingnya SDM Pertanian untuk menggunakan teknologi 4.0 yang dicirikan penggunaan big data hingga artificial intellegence. “Artinya kita harus melek Information and Communication Technology  (ICT) yang berkembang sangat cepat sekali. Artinya “Gaul” komunikasi,” ujarnya.

Sumber : https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/agri-penyuluhan/9516

Related Articles

Back to top button