Berita TerkiniSeputar BPP Lalabata

Teknologi Jarwo Super Mendukung Swasembada Beras Berkelanjutan

Budidaya padi jarwo super adalah hasil pengembangan teknologi budidaya padi terpadu dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang berbasis cara tanam jajar legowo (Jarwo).

Penerapan teknologi Jarwo Super yang bertumpu pada pengaturan jarak tanam padi, penggunaan benih unggul, penerapan biodekomposer, penggunaan pupuk hayati, pengendalian hama dan penyakit serta penggunaan mekanisasi pertanian dapat  meningkatan produksi 30-50 % dari hasil sebelumnya.

Kamis (23/03/17), bertempat di Aula Taman Teknologi Pertanian (TTP) Bara Batu Kab. Pangkep diadakan Pelatihan Teknologi Jarwo Super, yang dihadiri oleh lingkup Dinas Pertanian Kab Pangkep, Ka. BPTP Balitbangtan Sul Sel, Peneliti, Penyuluh se Kab. Pangkep, Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta perwakilan petani yang berada di Kab. Barru.

Pelatihan ini mengusung tema Teknologi Jarwo Super Mendukung Swasembada Beras  Berkelanjutan.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini kerjasama antara BPTP Balitbangtan Sul Sel dan Pemda Kab. Pangkep dan bertujuan untuk membimbing petani dalam pengenalan dan penerapan teknologi budidaya padi Jarwo Super di lapangan.

Related Articles

Back to top button